Tips Memilih Tiang Lampu Taman Kota / Pedestrian

Tips Memilih Tiang Lampu Taman

Dalam mewujudkan penataan taman yang indah nan asri diperlukan beberapa elemen penyusunnya. Selain pemilihan jenis tanaman yang cocok, elemen lampu pada taman juga memiliki andil yang cukup penting dalam menciptakan keindahan yang universal untuk taman itu sendiri. Adanya lampu taman ini bukan hanya sekedar menjadi sumber penerangan taman saja. Melainkan juga menjadi furniture/ aksen/ dekorasi yang menjadikan suasana taman lebih hidup dan terlihat lebih menarik. 

Berawal dari hal itu, pemilihan lampu taman ini tidak bisa dilakukan secara asal. Agar tidak salah pilih dan menyesal dikemudian hari, ada baiknya perhatikan beberapa tips memilih tiang lampu berikut ini

Perhatikan desain / tema taman

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memilih lampu untuk taman adalah memperhatikan model/ desain taman. Apakah model taman berupa taman jepang, taman klasik, taman sudut, taman minimalis, taman hijau ataupun model taman lainnya. Memahami konsep dan model taman ini sangat penting, karena hal tersebut menjadi acuan dasar pemilihan model tiang lampu taman yang akan digunakan nantinya.

Perhatikan penempatan dan fungsi pencahayaan pada tiang lampu

Fungsi lampu taman untuk menerangi taman juga masih harus dispesifikkan lagi. Apakah lampu tersebut difungsikan untuk menerangi jalan setapak, taman pada area rerumputan, pintu masuk/ keluar dll. Dengan mengetahui tujuan dan lokasi penempatan tersebut dapat memudahkan dalam menentukan tingkat pencahayaan lampu taman dan ukuran (tinggi rendah tiang lampu) yang akan dipilih. Namun perlu diketahui, bahwa penerangan pada area inti taman akan lebih baik jika cukup sebatas memberi pencahayaan temaram. Karena apabila cahaya yang dihasilkan terlalu terang, justru dapat merusak keindahan sebuah taman.

Pilih jenis lampu dan tiang lampu yang tepat

Tiang lampu untuk area taman sebaiknya menggunakan tiang lampu berbahan besi cor/ galvanis yang terbukti sangat awet dan tahan terhadap segala cuaca. Sedangkan untuk lampunya, pilih lah jenis lampu yang benar-benar berkualitas. Apakah menggunakan lampu LED atau Non LED. Ada baiknya gunakan lampu yang tahan air atau water resistant untuk menghindari terjadinya korsleting. 

Sesuaikan desain dan ornamen tiang lampu

Terdapat berbagai macam bentuk tiang lampu untuk hiasan taman, seperti tiang lampu antik, minimalis dan juga klasik yang dapat dijadikan pilihan. Usahakan untuk menyesuaikan desain tiang lampu dengan konsep taman. Hal ini bertujuan agar tercipta keserasian/ keindahan taman yang menyatu. Seperti apabila dekorasi taman bertema klasik, tentu akan pas jika tiang lampu yang dipilih adalah model antik dengan ornamen-ornamen khas bernilai seni tinggi. Dan jika taman berkonsep minimalis maka pilih lah tiang lampu yang lebih terlihat simpel namun tetap elegan.

Demikian beberapa cara/ tips dasar dalam memilih lampu taman yang tepat. Apabila anda memiliki kebutuhan lampu taman namun menemui kesulitan atau masih bingung menentukan lampu taman yang pas. Maka konsultasikan kepada kami secara gratis melalui kontak yang tersedia di website ini. Nantinya kami akan berikan masukan, ide, solusi terbaik demi terwujudnya tata taman anda yang lebih maksimal. Karena kami merupakan produsen berbagai macam tiang lampu taman yang akan melayani anda mulai dari pemilihan spesifikasi hingga penyetingan/ pemasangan langsung di lokasi.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *