Tiang lampu PJU (Penerangan Jalan Umum)

PJU (Penerangan Jalan Umum)

PJU (Penerangan Jalan Umum) – Jalan merupakan fasilitas umum yang digunakan oleh banyak orang baik siang maupun malam. karena itu jalan membutuhkan suatau penerangan di malam hari yang biasa dikenal dengan sebutan Penerangan Jalan Umum (PJU). Tiang lampu PJU sangat penting kegunaan untuk menerangi jalan supaya para pengguna jalan dapat melihat dengan jelas jalan yang akan dilewatinya.

Selain itu para pengguna jalan juga bisa terjatuh karena medan yang tidak terlihat jelas atau karena jalan yang berlubang. Sudah pasti kecelakaan pun tidak akan terhindarkan jika penerangan jalan hanya berasal dari kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, perlu adanya PJU disetiap ruas jalan.

PJU (Penerangan Jalan Umum)Agar PJU bisa berfungsi dengan baik maka perlu adanya perawatan. Barang yang dirawat dengan baik akan terlihat bagus dan dapat bertahan lama. Merawat PJU bisa dibilang cukup mudah. Tidak banyak jenis perawatan yang harus dilakukan. Tidak bergeraknya PJU membuat potensi kerusakan yang ditimbulkan terbilang minim. Meskipun begitu, perawatan tetap harus dilakukan ya.

Berikut beberapa tips merawat Penerangan Jalan Umum:

  1. Mendata Lampu PJU

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mendata lampu PJU mana saja yang harus mendapat perawatan dan perbaikan. Selain itu data juga permasalahan dan kerusakan apa yang terjadi. Sehingga, ketika ke lokasi sudah membawa alat yang diperlukan.

  1. Menjaga PJU Tetap Bersih

Menjaga kebersihan PJU menjadi hal utama yang harus dilakukan dalam perawatan. PJU harus tetap bersih dari sampah dan kotoran. Jika perlu lakukan pengecekan kebersihan secara berkala.

  1. Perawatan Pada Kabel

Perawatan pada kabel PJU penting untuk dilakukan agar tidak terjadi konsleting. Konsleting biasanya terjadi karena seringnya penggalian kabel Telkom, instalasi air PDAM yang dilakukan tanpa adanya koordinasi terlebih dahulu. Sehingga dalam prosesnya terjadi goresan pada kabel PJU yang mengakibatkan arus singkat. Hal tersebut jika dibiarkan berlarut-larut dan tidak diketahui bisa terbakar.

Konsleting yang terjadi akan ada arusnya yang bisa dibaca dengan volt meter dengan ini kabel akan aman.

  1. Perawatan Pada Tiang PJU

Tiang PJU juga butuh perawatan dan perhatian khusus. Hal itu dilakukan karenakan sering terjadinya pencurian pada tiang PJU. Sehingga perlu adanya pengecekan berkala untuk mengantisipasi hal tersebut.

Apabila tiang lampu PJU dicuri dan tidak diketahui karena tidak adanya pengecekan maka hal tersebut akan mengganggu para pengguna jalan.

  1. Perawatan Pada Sumber Cahaya

Perawatan pada sumber cahaya juga harus dilakukan. Lakukan pengecekan secara berkala pada sumber cahaya. Cek apakah sumber cahaya (lampu) masih bisa menyala dan berfungsi dengan baik atau tidak. Jika lampu sudah tidak bisa menyala, segera ganti dengan lampu yang baru agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain dari hasil pengecekan berkala, tidak jarang ada laporan dari masyarakat sekitar tentang kondisi lampu.

Itulah 5 tips merawat penerangan jalan umum. Bagi Anda yang sedang mencari tiang lampu PJU segera hubungi kami di 0813-7799-0055 | 0822-2999-2299. Kami menyediakan tiang lampu PJU yang antic serta unik. Selain itu, kami juga memberikan kualitas yang terpercaya.

Artikel

PJU (Penerangan Jalan Umum)Tiang lampu jalanTiang PJU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *